global.pesantren@yahoo.com

Film Kisah 9 Wali Versi Trans TV

Jakarta, HanTer – Setelah tayangan Yuk Keep Smile (YKS) dihentikan selamanya, kini selama Ramadhan Trans TV mengandalkan tontonan religi bagi pemirsa setianya. Program tersebut merupakan drama yang diberi judul ‘Kisah 9 Wali’. Drama ini menceritakan perjalanan 9 Wali dalam menyebarkan Islam di tanah Jawa.
“Seperti diketahui kisah ini berdasarkan hasil survey dan riset based on sejarah. Kami disupport oleh Menteri Pendidikan Nasional, M. Nuh dan Agus Sunyoto sebagai sejarahwan Islam,” kata Produser Kisah 9 Wali, Emilka di Jakarta, kemarin.
Ke sembilan tokoh dari 9 Wali diperankan oleh para aktor pemain muda berbakat. Mereka itu adalah Sunan Gresik (David Chalik), Sunan Ampel (Teguh Satrya), Sunan Giri (Boy Hamzah), Sunan Bonang (Ali Zaenal), Sunan Drajat (Sandy Syarif), Sunan Muria (Dimas Seto), Sunan Kudus (Reza Pahlevi), Sunan Kalijaga (Donny Alamsyah), dan Mario Irwinsyah (Sunan Gunung Jati). Selain 9 Wali itu, ada juga tokoh kontroversial Syekh Siti Jenar (Alex Abad) yang dipercaya sebagai Wali ke-10.
“Seiring berkembangnya sejarah ada banyak cara pandang terhadap sosok tokoh dari 9 Wali seperti Syekh Siti Jenar. Kita bisa melihat sisi lain dari tokoh besar ini. Ajarannya yang disebut Manunggaling Kawula Gusti punya banyak arti. Ada arti lainnya, di muamalahnya, syariatnya, tarekat, hakikat dan marifatnya. Insya Allah dengan cara pandang ini, bisa memberikan pengertian dasar tentang Syekh Siti Jenar kepada masyarakat,” kata Alex.
David Chalik yang berperan menjadi Sunan Giri mengaku tidak kesulitan untuk memerankan tokoh seorang wali. “Untuk pendalaman saya sebagai Sunan Gresik. Saya punya buku pedoman kisah para wali,” kata David Chalik.
(Romi)

Alex Abad Memerankan Syekh Siti Jenar

Alex Abad Memerankan Syekh Siti Jenar

2 Comments
  1. kerenn, semoga dakwah damaiyang diemban para wali efeknya terus merahmati hingga saat ini.

  2. Kok gak ada yang pake blangkon? Sunan kalijaga sering divisualkan mngenakn blangkon bukan sorban. Jawa yg Islam.

Leave a Reply