global.pesantren@yahoo.com

KBRI Gelar Wayang Kulit Purwa di Hongaria

Wayang-1London, — Pergelaran Wayang kulit purwa dan wayang golek memukau perhatian siswa SMA Szechenyi Istvn di Kota Sopron, 215 km arah barat Kota Budapest, Hongaria.
Pagelaran wayang kulit purwa dan wayang golek itu diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest, Hongaria, pada Jumat (20/11). Pagelaran menampilkan dalang wanita Polett Dus, mantan penerima beasiswa Darmasiswa dari Kemendikbud RI, sebagai bagian dari ‘Indonesia Goes to School’ di SMA Szechenyi Istvn.
Pensosbud KBRI Budapest, Yudhi Gunawan, menyebutkan pelajar SMA Szechenyi Istvn sangat antusias mengikuti penjelasan ihwal wayang kulit, dan mencoba memainkan beberapa tokoh wayang kulit.
Dubes RI Budapest, Wening Esthyprobo, menjelaskan pertunjukan seni teater boneka di Indonesia sangat beragam, yang diiringi secara live oleh seperangkat musik tradisional Indonesia, yakni gamelan.
Selain wayang kulit dari Jawa Tengah, Indonesia memiliki wayang golek yang terbuat dari bahan kayu khas dari Jawa Barat, ada pula wayang wong yang dimainkan oleh manusia, juga wayang krucil wayang tengul, wayang jemblung, wayang menak, wayang beber. Indonesia sangat kaya dengan seni pertunjukan berbentuk wayang.
Dubes mengajak siswa-siswi berlibur bersama orangtua dan keluarganya berkunjung ke Indonesia, agar dapat melihat secara langsung dan merasakan keanekaragaman budaya Indonesia.
Direktur SMA Szechenyi Istvan, Szabo Mikls, menyambut baik program dari KBRI Budapest dan mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan delegasi budaya dari KBRI, yang baru pertama kali diadakan di sekolahnya. Szabo Mikls mengatakan, kunjungan kali ini dapat berlanjut, yang membuka pengetahuan dan wacana bagi para siswa dan siswi dari sekolah tersebut terhadap Indonesia.
KBRI Budapest dalam kunjungannya menampilkan permainan musik tradisional gending Jawa, tarian tradisional dari Jawa Barat dan Bali, ditambah presentasi singkat mengenai Indonesia dan kesenian wayang.
Diakhir acara, para siswa siswi dan staf pengajar secara spontan diajak menari Tari Gemu Fa Mi Re tarian tradisional dari Nusa Tenggara Timur secara flashmob.
GEOMARITIM.com

Leave a Reply